Minggu, 12 Juni 2011

HAPPY DAY with CORAL in Lhok Me (Pasir Putih) 0n Saturday 11 June 2011

Pada tanggal 11 juni 2011, Komunitas peduli terumbu  karang Aceh yang tergabung dalam ACC (Aceh CORAL Care), telah mengadakan salah satu kegiatan yang bertujuan menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang Aceh, tepatnya di pantai Lhok Me, Krueng Raya, Aceh Besar. (seharusnya di Pantai Aramanyang, namun terjadi kendala teknis, terpaksa tempat dipindahkan)
Kegiatan ini diikuti oleh para peserta yang berjumlah 25 orang, terdiri dari para mahasiswa, karyawan swasta, dan alumni kelautan Unsyiah. Acara ini bertema” Mari Kita Jaga  dan Lestarikan Ekosistem Terumbu Karang demi Perikanan Aceh yang Berkelanjutan. Adapun agenda utama kegiatan ini adalah:
  1. Membersihkan Pantai dari Sampah
  2. Melihat  kondisi Terumbu Karang yang ada di sekitar lokasi kegiatan.
Menurut koordintaor pelaksana Rian Juanda, S. Kel, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan, semoga para peserta dan masyarakat sadar dan peduli akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan melestarikan terumbu karang di Aceh. 
Dengan menjaga terumbu karang berarti kita turut menjaga tempat tingggal ikan, tempat berteduh ikan-ikan, tempat tumbuh dan berkembang biak  ikan-ikan kecil sehingga keberlanjutan ikan juga terjaga, selain itu terumbu karang juga berfungsi untuk menahan gempuran ombak, menyediakan sumber protein bagi masyarakat, menyediakan makanan, tempat tinggal dan perlindungan bagi makhluk laut, dan yang terakhir menyediakan lapangan kerja melalui perikanan dan pariwisata. Perubahan suhu yang kian tidak menentu juga merupakan ancaman tersendiri buat kelestarian ekosistem terumbu karang sehingga mau tidak mau kita harus bersama-sama menjaga dan melestrikan ekosistem terumbu karang.


Alat skin diving untuk melihat terumbu karang

Pantai lhok Me, Krueng Rata, Aceh Besar.


Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang?:
  1. JADILAH SAHABAT CERDAS TERUMBU KARANG. Anda dapat menjadi sahabat cerdas terumbu karang dengan cara seperti: (1) Tidak membeli cenderamata yang berbahan karang. (2) Tidak membuang sampah sembarangan ke laut, khususnya di Kawasan Ekosistem Terumbu Karang, sampah yang Anda buang dapat membuat karang stress dan mengganggu pertumbuhannya serta membuat laut jadi kotor. (3) Tidak mengambil terumbu karang di laut, Anda hanya boleh melihat atau mengambil fotonya saja sebagai kenang-kenangan tanpa harus mengambilnya dari habitatnya. (4) Jangan menggunakan POTASIUM atau sejenisnya jika Anda menangkap ikan hias di sekitar area terumbu karang, gunakan cara-cara yang ramah lingkungan. (5) Jika Anda sedang berenang disekitar area terumbu karang, JANGAN PERNAH menginjak terumbu karang, usahakan Anda berenang dengan benar tanpa merusak terumbu karang. (6) Jangan menambatkan perahu/kapal Anda dekat area terumbu karang, karena anchor, jangkar atau tali penambat bisa menggangu pertumbuhan karang, membuat karang stress bahkan bisa merusak karang (mati). (7) Sampaikan informasi tentang pentingnya menjaga terumbu karang ini (atau informasi tambahan lainnya yang Anda dapatkan dari buku, artikel, berita, dll) kepada teman Anda, keluarga Anda atau orang-orang yang ada di sekitar Anda.
  2. PANTAU KEADAAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG yang ada di sekitar Anda. Bagi Anda yang tinggal di pesisir pantai AWASI dan PANTAU keadaan terumbu karang, jangan sampai ada masyarakat/nelayan yang melakukan aktivitas yang dapat MEMBAHAYAKAN terumbu karang.
  3. MENGIKUTI PELATIHAN, PENDIDIKAN, DAN PENYULUHAN tentang pengelolaan ekosistem pesisir terumbu karang baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Organisasi Pecinta Lingkungan maupun Lembaga-lembaga lain yang memiliki komitmen terhadap kelestarian dan keberlanjutan ekosistem terumbu karang
  4. AJAK SAHABAT DAN KELUARGA ANDA MENIKMATI INDAHNYA PANORAMA LAUT, dengan demikian Anda bisa secara langsung berinteraksi dengan alam, turut serta menjaganya sambil menikmati keindahannya tanpa harus merusak karena BETAPA PENTING dan BERNILAInya alam ini.
  5.  
    Acara Bersih Pantai

    Acara Bersih Pantai

    1 komentar: